Dinas Arpusda Kudus Puji Gerakan Literasi Anak-anak Muda di Lumbungbaca KBPW

Kepala Dinarpus Kudus, Sam’ani Intakoris melakukan kunjungan dan peninjauan aktivitas perpustakaan di Lumbungbaca KBPW. (Foto:Istimewa)

Jurnalpantura.id, Kudus – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpusda) Kabupaten Kudus memuji keberadaan Lumbungbaca Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) yang telah menggerakkan budaya literasi bagi anak-anak muda.

Kepala Dinarpus Kudus, Sam’ani Intakoris yang melakukan kunjungan dan peninjauan aktivitas perpustakaan di Lumbungbaca KBPW mengapresiasi gerakan yang telah dilakukan oleh anak-anak muda di sana.

Ternyata, Kata dia, kegiatan di sana tak hanya berkutat pada buku dan literasi. Melainkan juga meluas di bidang pengembangan budaya dan kesenian seperti teater, pantomim, kaligrafi, tari dan sebagainya.

“Kami sangat mengapresiasi anak-anak muda yang ada di sini, ini adalah bagian dari literasi dan pemberdayaan manusia,” kata Sam’ani di kantor KBPW, Selasa (26/9/2023).

Lebih lanjut, pihaknya mengaku siap menjalin komunikasi dan kolaborasi yang lebih intens dalam menjari anak muda dan mengembangkan literasi di Kudus.

“Folklor yang diangkat oleh KBPW sangat beragam. Mereka berbicara tentang kemuriaan, sejarah, punden belik, folklor macan muria, yang divisualkan salah satunya lewat film. Ini sangat menarik bagi kalangan muda,” terangnya.

Di sisi lain, Manajer Program KBPW, Muhammad Farid menyambut baik kunjungan dari Dinarpus Kudus. Menurutnya, kunjungan ini bisa mempererat silaturahmi dan kerjasama antar KBPW dengan Dinarpus.

Sejauh ini, KBPW juga sering kolaborasi dengan Dinarpus Kudus. Terakhir, kata dia, tim Lumbungbaca bekerjasama untuk lomba perpustakaan desa.

“Perpustakaan Lumbungbaca mewakili Kudus dalam Penghargaan Nugra Jasa  Dharma Pustaloka kategori masyarakat,” katanya.

Selanjutnya, Farid turut menceritakan sejarah singkat perjalanan KBPW hingga bisa berkembang sampai sekarang ini. Katanya, pengembangan dan pemetaan terus dilakukan dengan melibatkan anak-anak muda, pelajar dan mahasiswa.

“Pengembangan di semua lini, sesuai passion mereka, jadi kita tinggal memetakan hingga bisa berjalan beriringan,” pungkasnya. (J05/A01)

SOURCE : https://jurnalpantura.id/dinas-arpusda-kudus-puji-gerakan-literasi-anak-anak-muda-di-lumbungbaca-kbpw/2/

Bagikan Berita

Berita Lainnya

Link terkait

Kategori
Arsip
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930