Arpusda Kudus Dorong Penyediaan Pojok Baca Di Obyek Wisata

Pojok baca gagasan Arpusda di Pijar Park Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendorong tersedianya pojok baca di obyek-obyek wisata di Kota Kretek. Khususnya di obyek wisata yang menyuguhkan keasrian alam.

Arpusda sendiri, siap menyuplai ketersediaan buku bilamana pengelola obyek wisata bersedia menyediakan pojok baca di kawasan wisatanya. Sama seperti yang dilakukan Wana Wisata Pijar Park di Desa Kajar, Kecamatan Dawe.

”Kami sangat apresiasi sekali bila pengelola wisata berkeinginan memiliki pojok baca, seperti di Pijar Park ini, kami suplay dan kami akan bantu secara berkala untuk ketersediaan bukunya,” ucap Kepala Dinas Arpusda Samani Intakoris di sela penyerahan buku di Pijar Park, Rabu (27/9/2023).

Samani mengungkapkan,  pojok baca akan sangat pas jika dikombinasikan dengan keasrian alam yang ada di Pijar Park  Kudus. Mengingat tujuan dari wisatawan datang ke obyek wisata ini adalah menikmati suasana alamnya.

”Kami sediakan 50 buku dulu di sini, jadi ketika wisatawan berkunjung lalu menikmati alam berfoto dan mungkin sudah lelah, bisa istirahat di pojok baca sembari ngadem dan menikmati suasananya,” tambah dia.

Melalaui gerakan ini, Samani ingin memperlihatkan bila peningkatan literasi tidak melulu datang ke perpustakaan saja. Melainkan juga bisa dikombinasikan dengan faktor-faktor lainnya.

”Kami melihat tempat wisata sangat punya potensi untuk dikolaborasikan dengan literasi. Sekalipun tujuan awalnya memang untuk berwisata, tapi ketika disediakan tempat istirahat dengan fasilitas buku bacaan, tentu wisatawan akan terpancing, inilah yang kami harapkan, peningkatan minat baca tanpa paksaan,” pungkasnya.

Sementara perwakilan Pijar Park Anton menuturkan pihaknya memang ingin membuat sebuah pojok baca sebagai salah satu fasilitas yang dimiliki wana wisata alam tersebut.

Rencananya, pojok baca itu akan dia tempatkan di sebelah tempat makan wisatawan sehingga mudah dijangkau oleh mereka.

 

Editor: Cholis Anwar

SOURCE : https://berita.murianews.com/anggara-jiwandhana/399682/arpusda-kudus-dorong-penyediaan-pojok-baca-di-obyek-wisata

Bagikan Berita

Berita Lainnya

Link terkait

Kategori
Arsip
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930