Tarik Pengunjung, Dinarpus Kudus Gelar Perpustakaan Keliling dengan Wayang Golek

KUDUS, Joglo Jateng – Selama ini perpustakaan keliling (pusing) terus dioperasikan setiap Car Free Day (CFD) di Alun-alun Simpang Tujuh dan GOR Bung Karno. Namun, suasana pusling Minggu (11/12) nampak sedikit berbeda. Wayang golek, alunan tembang, musik, dan tarian turut mengiringi kegiatan perpustakaan keliling.

Plt Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Sancaka Dwi Supani menjelaskan, Dinarpus mencanangkan inovasi ini untuk menambah daya tarik perpustakaan keliling bagi pengunjung CFD. Pertunjukan wayang golek dan seni tari turut dipertontonkan dalam pusling tersebut.

“Pertunjukan wayang golek kami mainkan sendiri, saya dan rekan-rekan Dinarpus. Untuk seni tarinya dari sanggar tari kami juga. Ini untuk menarik perhatian para pengunjung. Sehingga makin bayak yang menikmati fasilitas pusling juga,” terangnya.

Dalam pertunjukan wayang golek tersebut diiringi juga dengan berbagai alat musik, seperti kendang, gong, bonang, dan angklung. Tembang-tembang Jawa berisi ajakan untuk giat membaca pun turut dilantunkan. Kedepannya, inovasi seperti ini akan terus dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat.

“Kedepannya nanti akan terus dilakukan. Kemungkinan dibuat sebagai pembukaan atau pra acara, akan ada pertunjukan silat dan lain sebagainya nantinya. Karena tadi dari padepokan silat mau bekerja sama untuk tampil,” jelasnya.

Dengan berbagai pertunjukan tersebut, dinilai cukup berhasil menarik perhatian para pengunjung. Pihaknya menyampaikan, setelah para pengunjung berkumpul, diadakan sosialisasi singkat terkait pentingnya membaca dan mudahnya akses baca melalui perpusda, yang mana terdapat banyak sekali buku yang disediakan secara gratis.

“Kami juga memiliki perpustakaan digital, saat ini sudah tersedia 433 judul. Diharapkan masyarakat Kudus dapat menjadikan membaca sebagai budaya, dengan begitu dapat menambah wawasan, ilmu, kreativitas, dan lain sebagainya,” tuturnya. (cr1/fat)

SOURCE : https://joglojateng.com/2022/12/12/tarik-pengunjung-dinarpus-kudus-gelar-perpustakaan-keliling-dengan-wayang-golek/

Bagikan Berita

Berita Lainnya

Link terkait

Kategori
Arsip
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930