Sepuluh Perpus Sekolah di Kudus Diajukan Akreditasi ke Perpusnas

Kadinas Arpusda Kudus saat berkunjung ke Perpustakaan MAN 2 Kudus, Kamis (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Sepuluh perpustakaan atau perpus sekolah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, akan diajukan akreditasinya ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kudus.

Adapun sepuluh perpus sekolah tersebut tiga perpustakaan SD, enam perpustakaan sekolah menengah pertama (SMP) dan satu perpustakaan Madrasah Aliyah (MA) atau setara SMA.

Pihak Dinas Arpusda sendiri, saat ini terus melakukan monitoring pada sekolah-sekolah yang akan diajukan akreditasinya. Salah satunya yang dilaksanakan di MAN 2 Kudus, Kamis (31/8/2023).

”Karena kami merupakan Pembina dari semua perpustakaan di Kudus, tentu ini jadi kewajiban kami mengakreditasikan perpustakaan-perpustakaan yang representatif dan ideal di Kudus kepada Perpusnas, salah satunya ya di MAN 2 Kudus ini,” ucapnya di sela mentoring.

Samani sendiri takjub dengan interior maupun fasilitas yang disuguhkan di MAN 2 Kudus. Semua sudut ruangan, dirasa sangat nyaman dan sangat mendukung anak untuk mau menggalakkan aktivitas membaca buku kembali.

”Saya terus terang kaget, ini sangat bagus sekali. Sebagai masyarakat Kudus kami bangga punya MAN 2 Kudus ini, apalagi masuk sini juga susah, fasilitasnya sangat mendukung. Ini pasti dapat nilai A plus nanti kalau di akreditasi,” tuturnya.

Dalam pelaksanaannya nanti, Samani menyebut ada sembilan komponen penilaian yang akan dinilai. Di antaranya adalah koleksi, sarana prasarana, inovasi, tenaga pustaka hinggga pelayanannya.

”Kami rasa di MAN 2 Kudus ini sudah memenuhi sembilan kriteria tersebut, tentunya di sembilan perpustakaan yang tengah kami mentoring juga sama, semoga nanti hasilnya bisa mendapat akreditasi A semua,” pungkasnya.

Kepala MAN 2 Kudus Shofi mengungkapkan perpustkaan di MAN 2 Kudus berkonsep tiga dimensi. Mulai dari dimensi membaca, keagamaan dan laborat.

”Kami ingin ini menjadi percontohan nasional, sekolah kami berkomitmen untuk menjadikan membaca sebagai pintu gerbang sebagai madrasah yang beretika dan berintelegensi,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

SOURCE : https://berita.murianews.com/anggara-jiwandhana/397839/sepuluh-perpus-sekolah-di-kudus-diajukan-akreditasi-ke-perpusnas

Bagikan Berita

Berita Lainnya

Link terkait

Kategori
Arsip
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930