Dinas Arpusda salurkan bantuan Al Qur’an Braille ke Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia Kudus

Kepala Dinas Arpusda Kudus Samani Intakhoris saat secara simbolis menyerahkan sejumlah Al Quran Braille kepada Ketua ITMI Kudus Ulin Nuha, Senin 28/08/2023 (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus, menyalurkan bantuan sejumlah 30 kitab Al Quran braille kepada warga Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kudus di sekretariat mereka di Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Senin (28/08/2023).

Meski mengatasnamakan sumbangan dari Dinas Arpusda Kabupaten Kudus, namun d8iketahui sesungguhnya beaya pengadaan Al Quran Braille tersebut bersumber dari dana pribadi Kepala Dinas Arpusda Kudus yakni Samani Intakhoris.

Kepala Dinas Arpusda Kudus Samani Intakoris mengatakan, sebelum ini pihak ITMI telah mengajukan permohonan bantuan untuk pengadaan Al Quran braille bagi kebutuhan jamaahnya, namun akibat saat itu masih terkendala dengan keterbatasan anggaran di Dinas Arpusda hingga belum bisa terwujudkan.

Kini meski dengan menggunakan anggaran yang berasal dari kantong pribadi, pihaknya berhasil merelaisasikan permintaan dari organisasi nonprofit tersebut. Bukan tanpa alasan, hal itu karena Samani mengaku terketuk hatinya untuk ikut membantu menyediakan Al Quran braille.

”Tapi tidak apa-apa, sekalipun pada dinas kami anggarannya terbatas, kami tetap berupaya, karena ini permintaan masyarakat dan tugas kami ini melayani mereka (masyarakat), akhirnya kami beli dengan swadaya kami sendiri, sebab mereka yang secara fisik kurang saja masih semangat untuk membaca Al Quran, ” ucap Samani.

Melalui pemberian Al Quran Braille ini, Samani berharap apa yang diimpikan para rekan-rekan ITMI yakni memiliki hafidz Al Qurn bisa terwujud.

Kemudian Dari Dinas Arpusda sendiri, akan ikut mengupayakan penyediaan buku-buku bacaan braille bagi rekan-rekan penyandang tuna netra. Sehingga kesamarataan literasi bisa terwujud di Kabupaten Kudus.

”Ini sangat menyentuh hati kami, saya yang masih diberi kelengkapan oleh Allah saja kadang masih malas mempelajari dan menghafalkan Al Quran, tentu rekan-rekan di sini memberi kami motivasi lebih untuk itu, semoga semua diberi kemudahan oleh Allah selalu,” tutur Samani.

Sementara Ketua ITMI Ulin Nuha mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Dinas Arpusda itu. Dia berharap, masih ada banyak pihak yang perhatian pada para penyandang disabilitas lainnya. (YM/YM)

SOURCE : https://isknews.com/dinas-arpusda-salurkan-bantuan-al-quran-braille-ke-ikatan-tunanetra-muslim-indonesia-kudus/

Bagikan Berita

Berita Lainnya

Link terkait

Kategori
Arsip
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930