Arpusda Monitoring Akreditasi Perpustakaan Sekolah, dan Siap Dukung Program Literasi Polda Jateng

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus, Samani Intakoris tengah melakukan monitoring proses akreditasi Perpustakaan 'Teratai Daunku' di SMP Negeri 2 Undaan Kudus. (Foto: Muhammad Thoriq)

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus, Samani Intakoris tengah melakukan monitoring proses akreditasi Perpustakaan ‘Teratai Daunku’ di SMP Negeri 2 Undaan Kudus. (Foto: Muhammad Thoriq)

 

SENANGSENANG.ID – Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus Jawa Tengah, Rabu 30 Agustus 2023 melakukan monitoring proses akreditasi Perpustakaan ‘Teratai Daunku’ di SMP Negeri 2 Undaan.

Selain itu, Dinas Arpusda juga melakukan kunjungan ke Polsek Undaan untuk memberikan bantuan puluhan buku dalam upaya mendukung program Polda Jawa Tengah dalam peningkatan literasi masyarakat melalui jajarannya di Kota Kretek.

Kepala Dinas Arpusda Kudus, Samani Intakoris mengatakan, proses akreditasi bertujuan untuk memastikan bahwa perpustakaan di SMP Negeri 2 Undaan memiliki kualitas yang memadai sesuai standar yang telah ditetapkan.

“Segala persiapan sudah dimatangkan, targetnya bisa mendapatkan nilai akreditas A atau unggul dari Perpustakaan Nasional,” ungkap mantan Sekda Kudus.

Pihak Arpusda siap membantu dan terus melakukan pendampingan, baik dalam bentuk fasilitas fisik maupun lainnya.

Kepala SMP Negeri 2 Undaan Kudus, Siti Fatimah SPd Mpd menyatakan, program literasi di sekolahnya telah digaungkan kepada para siswa, termasuk budaya literasi pada jam-jam yang sudah terjadwal.

Pihaknya juga telah mencanangkan program Sadi Sabu (Satu Bidang Studi Satu Buku), untuk mewujudkan adanya satu buku yang tercatat International Standard Book Number (ISBN) dari hasil karya siswa.

“Alhamdulillah tahun kemarin dihasilkan 16 judul buku yang sudah kita terbitkan ber-ISBN hasil karya anak-anak, harapannya tahun ini bisa meningkat lagi,” ujarnya, Rabu 30 Agustus 2023.

Pihaknya berharap, buku-buku hasil karya anak bisa mewarnai koleksi buku yang ada di Perpustakaan Teratai Daunku SMP Negeri 2 Undaan.

“Dengan begitu, gerakan literasi di sekolah bisa sukses digaungkan,” katanya.

Kepala Perpustakaan ‘Teratai Daunku’ SMP Negeri 2 Undaan, Aniq Rida SPd MPd menambahkan, dalam persiapan akreditasi ini, ada sekira 6.500 judul buku fisik yang menjadi koleksi di perpustakaan setempat.

Disamping itu, juga disediakan e-book sekitar 350 judul buku yang bisa diakses oleh para peserta didik di Elektronik Library (E-Lib) ‘Teratai Daunku’.

“Persiapan kami sudah 92 persen, semoga untuk penilaian nanti bisa mendapatkan A gemuk,” harapnya.

Sementara itu, Dinas Arpusda dalam kunjungan ke Undaan Kudus memberikan support penuh terhadap program yang literasi yang tengah digalakkan Polda Jateng.

Kepala Dinas Arpusda Kudus Samani Intakoris menegaskan, siap mendukung program Polda Jateng dalam menyediakan buku bacaan untuk tingkat sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Akhir (SMA) di sejumlah Kepolisian Sektor (Polsek) di Kudus.

“Buku-buku yang tersedia di Polsek dapat masyarakat dalam peningkatan literasi. Buku itu dapat dibaca ketika warga sedang menunggu mengurus surat di kepolisian,” jelasnya.

Menurutnya, Arpusda baru menyalurkan 60 buah buku di Polsek Undaan, dan berikutnya akan diserahkan bantuan serupa di Polsek Bae dan Polsek Kaliwungu.

“Nanti jika butuh penambahan koleksi buku, bisa segera kami anggarkan. Program literasi yang digaungkan Polda Jateng kami sambut baik dan senang hati,” ucapnya.

Berdasarkan surat telegram Kepolda Jateng tentang Baksos Distribusi Buku, dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan budaya literasi di Indonesia dengan tema ‘Polri Peduli Budaya Literasi‘.

Saat ini sendiri, tingkat minat baca di Kudus masuk pada kategori sedang, yakni sebesar 45,8 persen.

Sementara untuk indeks peningkatan literasi masyarakat berada di kategori sedang pula di angka 58,6 persen.

Sementara Kanit Reskrim Polsek Undaan Kudus, Ipda Giri Waluyo menyampaikan terima kasih kepada Dinas Arpusda Kudus karena turut mendukung program Kapolda Jawa Tengah dalam upaya menumbuhkan budaya literasi.

Pihaknya berharap, buku-buku bacaan bantuan Arpusda tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat.

Sehingga bisa menyukseskan cita-cita bersama dalam upaya mencerdaskan bangsa melalui gerakan literasi. **

 

Bagikan Berita

Berita Lainnya

Link terkait

Kategori
Arsip
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930