Arpusda Kudus Naikkan Budaya Literasi di Rutan

Penyerahan buku secara simbolis di aula Rutan Kudus, Jumat (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Dinas Arpusda Kudus (Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda Kabupaten Kudus), Jawa Tengah, terus mengupayakan peningkatan literasi di kalangan masyarakat Kudus secara luas. Tak terkecuali para warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) IIB Kudus.

Arpusda Kudus punya cara tersendiri untuk hal ini. Mereka membagikan buku bacaan baru pada mereka dan menyelenggarakan perlombaan menulis berhadiah uang jutaan rupiah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Arpusda Kudus Samani Intakoris saat berkunjung ke Rutan IIB Kudus, Jumat (8/9/2023). Pihaknya berharap upaya ini bisa bermanfaat.

”Atas izin Karutan, kali ini kami mengunjungi rekan-rekan binaan di Rutan IIB Kudus, kami bawakan buku-buku baru untuk mereka dan kami pancing dengan perlombaan ini supaya mereka bisa terpacu untuk membaca,” katanya.

Tidak ada syarat khusus untuk perlombaan menulis tersebut. Semua warga binaan bebas menulis dengan tema apapun. Entah sesuai dengan buku yang tengah dia baca, ataupun menulis hal-hal lain mulai dari perjalanan hidup atau kata-kata motivasi dan puisi.

Masa waktu para warga binaan menulis adalah tiga bulan terhitung hari ini. Pemberian hadiah akan dilaksanakan di akhir Desember 2023 mendatang.

Melalui kegiatan ini, Samani berharap para warga binaan bisa semakin memperbanyak ilmunya sehingga bisa memperbaiki kualitas hidupnya ketika nanti sudah keluar dari masa binaan. Serta tentunya, bisa meningkatkan budaya literasi di Kabupaten Kudus.
”Kami sudah mendroping banyak buku bacaan untuk mereka, bisa dijadikan refrensi. Kalau seperti ini kan sedikit demi sedikit mereka akan suka membaca dengan sendirinya, akhirnya ada pengetahuan baru yang masuk, harapannya tentu ini bisa menjadi bekal mereka ketika keluar dan kualitas hidup mereka akan meningkat,” tandasnya.

Kepala Rutan II B Kudus Solichin mendukung penuh kegiatan yang diinisiasi oleh Arpusda Kudus ini. Buku yang disumbangkan pun diyakini akan sangat bermanfaat bagi para warga binaan untuk ke depannya.

”Kegiatan ini luar biasa, melalui perlombaan menulis, mereka akan tertantang membaca buku, setelah itu kesadaran dan kebiasaan yang baik akan terbentuk, ini juga bagian dari rekreasi mereka di Rutan,” tandasnya.

Editor: Budi Santoso

SOURCE : https://berita.murianews.com/anggara-jiwandhana/398384/arpusda-kudus-naikkan-budaya-literasi-di-rutan

Bagikan Berita

Berita Lainnya

Link terkait

Kategori
Arsip
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930