Arpusda Kudus Cukupi Kebutuhan Buku di Wilayah Pinggiran

Penyerahan secara simbolis buku bantuan Dinas Arpusda Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah atau Arpusda Kudus, Jawa Tengah, ikut mendukung pendirian rintisan perpustakaan desa di area pinggir Kudus, tepatnya di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog.

Adapun caranya adalah dengan mendistribusikan puluhan buku bacaan kepada pemerintah desa yang kemudian bisa digunakan untuk menambah koleksi rintisan perpustakaan desa.

”Hari ini kami menjalankan program peningkatan literasi di wilayah pinggir Kudus kembali dengan menyambangi Desa Rahtawu. Di sini ada rintisan perpustakaan desa yang akan kami bantu penuhi koleksi bukunya secara berkala, saat ini kami sumbang 50 buku,” ucap Kepala Dinas Arpusda Kudus Samani Intakoris, Selasa (22/8/2023).

Dia menambahkan, program ini merupakan program jangka panjang Dinas Arpusda untuk meningkatkan literasi di Kudus. Khususnya di daerah pinggir Kota Kretek atau yang dinamai Hinterland Literasi.

”Kami akan melakukan pembimbingan dan juga monitoring, sehingga nanti tidak berhenti di sini saja. juga akan berlaku di desa-desa lainnya untuk ke depan,” tambahnya.

Samani pun memastikan Dinas Arpusda akan terus menginisasi inovasi-inovasi yang tujuannya untuk memberdayakan masyarakat Kudus. Tentu saja, peningkatan literasi baca di kalangan warga Kudus tidak akan dikesampingkan. Melainkan dikolaborasikan dengan cara-cara yang lebih menyenangkan.

Seperti peningkatan minat baca dengan mengkolaborasikannya bersama seni dan budaya hingga hal-hal yang bisa menarik minat baca warga lainnya.

”Kami akan menghadirkan inovasi-inovasi yang di sisi lain bisa memberdayakan masyarakat, tapi juga tidak meninggalkan tujuan utama kami untuk peningkatan minat baca warga. Karena sejatinya semua awal yang baik berawal dari belajar dan membaca,” tandasnya.

Kepala Desa Rahtawu Didik Ariyadi mengaku terbantu dengan adanya pendistribusian buku dari Dinas Arpusda Kudus. Selain karena bisa menambah rintisan koleksi buku di perpustakaan desa, pendistribusian buku ini juga bisa disinkronkan dengan program desa lainnya.

”Di sini kami menekankan agar siswa bisa wajib belajar 12 tahun, buku-buku ini tentu bisa mendukung gagasan ini dengan mencerdaskan kehidupan masyarakat Desa Rahtawu,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

SOURCE : https://berita.murianews.com/anggara-jiwandhana/397200/arpusda-kudus-cukupi-kebutuhan-buku-di-wilayah-pinggiran

Bagikan Berita

Berita Lainnya

Link terkait

Kategori
Arsip
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930